Top 10 Destination

Tentang Banyuwangi yang Agung

Scroll

Banyuwangi secara harfiah berarti air wangi, yang dikaitkan dengan legenda setempat. Menjadi kota paling timur di Pulau Jawa, di sinilah fajar pertama kali terbit di pagi hari sambil menyinari rindangan pohon di atas Pulau Jawa, pulau hijau subur tapi juga berpenduduk padat ini. Luas Kabupaten Banyuwangi sebesar 5.800 km persegi yang terdiri dari pantai selatan yang menyusuri Samudera Hindia, hingga Gunung Raung di ketinggian 3.282 meter serta Gunung Merapi pada ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut.

Atraksi Populer

Kota Banyuwangi adalah pintu gerbang Anda untuk menyaksikan binatang liar berkeliaran dengan bebas di Cagar Alas Purwo, cagar alam tertua di Pulau Jawa, berjalan-jalan melintasi padang rumput Baluran, atau menemukan pantai terpencil dan tak tersentuh di Pulau Merah atau G-Land, dan perjalanan ke Pantai Sukamade dimana penyu datang menetas telurnya.

Pendaki gunung bisa mendaki menuju Kawah Ijen yang menakjubkan dengan api birunya yang muncul di antara batuan sulphurous kuning, batuan yang dipotong dan dikumpulkan secara manual oleh penambang tradisional.

Banyuwangi juga memiliki segitiga berlian dengan potensi wisata luar biasa. Segitiga adalah campuran antara gunung, pantai, dan kawasan hutan dengan nilai flora dan fauna yang tak tertandingi. Salah satunya adalah Pantai Plengkung, pantai dengan salah satu ombak terbaik di dunia yang sesuai dengan peselancar dan juga Teluk Hijau dengan pasir putih bersih yang dilestarikan alam. Ada juga savana yang akan membawa Anda ke dunia bebas, membuat imajinasi Anda berkeliaran liar dalam tantangan petualangan.

Transportasi

  1. Transportasi darat

Transportasi darat antar provinsi ke Jawa Timur dapat menggunakan Mobil Penumpang Umum dan kereta api. Kedua sarana transportasi tersebut dapat melayani hampir semua kabupaten / kota di Jawa Timur.

• Bus

Untuk transportasi darat dengan mobil penumpang umum antar provinsi sudah terintegrasi dengan Sumatera-Jawa-Bali-NTB. Di Jawa Timur terdapat 67 perusahaan angkutan wisata dengan 508 armada bus, sedangkan perusahaan penyewaan kendaraan enam perusahaan dengan 29 kendaraan.

• Kereta Api

Transportasi darat dengan kereta api terutama dari arah barat dapat melalui dua rute, yaitu jalur utara dan garis selatan yang menghubungkan kawasan Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta ke Surabaya.

  1. Transportasi air

Jika Anda ingin melakukan perjalanan darat dari Bali, naik feri di pelabuhan Gilimanuk, di ujung barat Bali yang melayang ke pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Tentu saja Anda bisa bepergian dengan mobil dari Surabaya atau kota besar lainnya di Jawa Timur ke Banyuwangi.

Layanan melalui laut juga bisa dinikmati di pelabuhan Ketapang. Untuk layanan transportasi antar pulau di provinsi ini dilayani dengan kapal feri, antara lain:

  • Penyeberangan Ferry Ujung - Kamal yang menghubungkan Surabaya - Madura PP sebanyak 12 kapal.
  • Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk menghubungkan Jawa - Bali PP sebanyak 17 kapal dengan frekuensi 68 kali per hari.
  • Penyeberangan Gresik - Pulau Bawean.
  • Sumenep persimpangan (kali anget) - Kepulauan Kangean.
  • Penyeberangan - Sumenep (kali anget) - Situbondo.
  • Penyeberangan Sumenep (kali anget) - Banyuwangi (Tanjung Wangi).
  1. Transportasi Udara

Bandara Blimbingsari melayani penerbangan domestik yang menghubungkan beberapa kota besar di Indonesia. Kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya terhubung langsung dari luar negeri dengan sejumlah maskapai penerbangan internasional. Anda kemudian dapat terhubung dengan penerbangan Garuda Indonesia atau Lion Air dari Surabaya ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Ada juga penerbangan harian dari Bali ke Banyuwangi.

 

Tourist Information Center Banyuwangi

Jl. Jend. A. Yani 74, Taman Baru, Banyuwangi

Phone: (+62333) 424172

Office hours: 8am-4pm

banyuwangitourism.com