blog-post
October22

Posted Date: Sunday 22nd of October 2017 01:12:11 PM

Ulasan Buku: Muslim Travellers’ Guide

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Pariwisata halal merupakan bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Pelayanan wisatawan dalam pariwisata halal merujuk pada aturan-aturan Islam. 
Indonesia terkenal dengan tempat wisata yang memanjakan mata. Tak heran jika banyak tempat menjadi destinasi terbaik untuk berlibur, khususnya untuk wisata halal atau wisata muslim. Wisatawan mancanegara pun tidak memungkiri pesona Indonesia. Tidak saja alamnya, namun juga kuliner yang memanjakan lidah.

Muslim Travellers Guide

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku ini mengulas petunjuk-petunjuk bagi para wisatawan muslim yang hendak berkungjung ke Jakarta, Bogor, Puncak, Bandung, Malang, Surabaya, Bali serta Lombok. Rincian informasi tentang rekomendasi tempat, waktu beroperasi, fasilitas ibadah, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi jika Anda berminat untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Tahun 2016 lalu, survei bernama Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016 tersebut mencoba melacak posisi popularitas berbagai negara di pasar wisata muslim. Dan Indonesia mengalami kenaikan peringkat dari posisi enam menjadi keempat. Adapun, survei yang melibatkan 130 destinasi wisata tersebut dinilai oleh para wisatawan dari berbagai dunia dalam beberapa kriteria, seperti kesesuaian destinasi liburan keluarga, tingkat layanan dan fasilitas, pilihan akomodasi, pemasaran, serta kedatangan pengunjung. 

Berdasarkan laporan GMTI, kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh sebuah negara untuk menjaring wisatawan muslim adalah adanya makanan halal, fasilitas salat, sanitasi dan fasilitas air yang memadai, kegiatan saat Ramadan, kegiatan yang halal, privasi pelayanan serta fasilitas rekreasi, dan kepekaan melihat kebutuhan iman wisatawan. 

Tahun 2017 ini, posisi Indonesia sebagai destinasi wisata halal Indonesia naik 1 peringkat lagi dari tahun sebelumnya. Merujuk GMTI 2017, peningkatan peringkat Indonesia disebabkan oleh traveler muda yang menginginkan pilihan lebih banyak, pengalaman yang unik, serta konektivitas. Ternyata, gaya hidup muslim dalam hal fashion terhubung sempurna dengan pasar wisata itu. (if/vin)

Share This Artcle :

You Can Also Find Us On