Nature,Adventure

Pantai Indah di Tepian Pulau Jawa

Pulau Merah

Banyuwangi

See on map

Banyuwangi, yang terletak di ujung paling timur Jawa dapat membanggakan tempat berselancar kelas dunia lainnya di sebelah G-land yang sudah terkenal di Plengkung: ini adalah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah disebut demikian karena hanya sekitar 100 meter ke sisi pantai adalah sebuah pulau berbukit kecil yang indah yang disebut Pulau Merah, dapat dicapai dengan berjalan kaki. Situasi ini mirip dengan lokasi pulau Tanah Lot ke pulau utama Bali. Tidak seperti di G-land dimana ditemukan karang karang yang tajam di tepi pantai, pantai di Pulau Merah-atau Pulau Red Beach-adalah pasir terbuka sehingga aman bagi peselancar pemula.

Dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali, berselancar di sini lebih kuat, menawarkan laras besar setinggi 4 meter dengan panjang 400 meter, sangat ideal bagi peselancar untuk mencoba teknik tubing. Tapi karena ombak sini datang dengan tinggi rata-rata dua meter, pemula dan peselancar amatir sama-sama bisa menikmati pantai ini. Padahal, pantai di Plengkung dan G-land harus diupayakan oleh para profesional saja.

Pantai Pulau Merah pada awalnya dikenal sebagai Ringin Pitu. Ada dua versi untuk perubahan namanya. Satu versi mengatakan bahwa karena warna tanah dan pasirnya kemerahan, dari situlah namanya, sementara cerita lain mengatakan bahwa pada suatu waktu beberapa sinar merah terang bersinar dari pulau Pulau Merah berbukit kecil ke pantai, demikian Memberinya nama pantai Pulau Merah. Fitur lain dari pantai adalah desa nelayan terdekat yang disebut Pancer, di mana Anda bisa tinggal di rumah penduduk desa. Keramahan mereka kepada pengunjung meski hidup sederhana mereka benar-benar menghangatkan hati.

Atraksi Populer
Bila Anda ingin menjelajahi Pantai Pulau Merah, pergilah ke Pura Tawang Alun. Candi Hindu ini dibangun pada tahun 1980 dan sering dikunjungi oleh umat Hindu dari daerah pegunungan Bromo Jawa Timur dan juga dari Bali. Sayangnya, tsunami tahun 1994 menghancurkan dinding luar candi namun tempat suci batin (palinggih padmasana) tetap utuh. Selama tsunami, gelombang 13 meter menyapu seluruh desa yang menghancurkan semua bagian candi ini.

Selama penjelajahan Anda, Anda akan melihat orang-orang mengenakan seragam hijau terang. Ini adalah penambang emas, di sebuah tambang yang ditemukan di dekat pantai. Warga desa setempat, bagaimanapun, menentang keberadaannya di sini karena tambang tersebut mencemari laut.

Transportasi
Terletak sekitar 60 KM dari Banyuwangi, pantai bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor tiga jam, dekat desa Sumberagung, di kecamatan Pesanggaran. Karena jalan akses yang mulus, sudah menjadi tujuan akhir pekan favorit bagi warga Banyuwangi. Dianjurkan untuk menyewa mobil di bandara Blimbingsari karena hanya ada beberapa bus umum yang menuju Pulau Merah dari sini.

Dari kota Banyuwangi Anda bisa naik bus ke Ujang Jaya ke arah desa Pesanggaran. Di pasar Pesanggaran kemudian dilanjutkan dengan ojek atau taksi motor ke Pulau Merah. Dari Jember, turun di terminal Jajag, dan terhubung dengan bus ke Pesanggaran.

Share This Artcle :