Adventure

Gelombang yang Luar Biasa untuk Menantang Pengalaman Berselancar

Pantai Plengkung

Banyuwangi

See on map

Selain keindahan alamnya yang mempesona, garis pantai melengkung yang panjang disini diakui sebagai salah satu situs selancar terbaik di muka bumi. Yang lebih dikenal di kalangan peselancar internasional terkenal seperti G-land, pantai yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, merupakan surga bagi peselancar yang menawarkan beberapa ombak paling menonjol di dunia. Sebab, Pantai Plengkung dijuluki "The Seven Giant Waves Wonder" oleh peselancar internasional untuk 7 gelombang gulung legendaris yang bisa mencapai ketinggian hingga 6 meter.

Nama populer G-land sendiri dikatakan telah diberikan oleh peselancar, di mana G dikatakan mengacu pada tiga arti berbeda; "Hebat", "Hijau" atau "Tanah Hijau", dan "Grajagan". Ada juga yang lain yang menyarankan agar nama G-Land diberikan karena melengkung pantai Pantai Plengkung yang menyerupai huruf "G".

Yang membuat ombak G-Land unik adalah mereka terpecah setelah 1-2 km, berguling dari timur ke barat dengan ketinggian mencapai 4-6 meter dalam waktu sekitar 5 menit. Ini sangat disukai di kalangan peselancar karena mereka kemudian dapat menikmati laras panjang yang menegangkan. Tak heran jika pantai ini telah menyelenggarakan setidaknya lima kejuaraan berselancar internasional. Dengan tujuh lapisan gelombang menjulang terus-menerus memukul pantai dalam formasi "pergi ke kiri", G-land juga favorit dengan peselancar kidal.

Gelombang G-land dianggap gelombang terbaik ke-2 di dunia setelah Hawaii saja. Sedangkan Hawaii menawarkan ombak konstan sepanjang tahun, puncak ombak di Pantai Plengkung terjadi terutama antara bulan April sampai Agustus. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah antara bulan Mei-Oktober dan waktu terbaik adalah Juli-Agustus dimana ombaknya hampir sempurna pada titik tertinggi. Selain Plengkung dan Hawaii, gelombang serupa hanya bisa ditemukan di Australia dan Afrika Selatan.

Pemandangan pantai berpasir putih yang indah dikelilingi oleh hutan tropis hijau subur yang terpencil yang dikelilingi oleh hiruk pikuk kehidupan kota. Jelas Anda tidak akan mendapatkan penerimaan telepon di sini atau bahkan jaringan televisi. Namun, itulah yang membuat pantai ini begitu istimewa: ini adalah tempat yang tepat untuk melarikan diri dari atmosfer "kota modern" sehingga Anda dapat benar-benar menikmati apa yang alam telah disediakan dengan sangat murah hati. Dengan kata lain, lupakan yang lainnya, masuk saja ke air dan berselancar!

Tranportasi
Ada dua rute utama menuju ke Pantai Plengkung. Rute pertama dan terpanjang adalah darat dengan mobil di jalan Banyuwangi-Kalipahit. Jarak dari Banyuwangi ke Kalipahit sekitar 59 KM, ini diikuti oleh jalan Kalipahit-Pasaranyar sepanjang 3 km. Dari Pasaranyar, jalan dilanjutkan ke Trianggulasi-Pancur sampai 15 KM lagi, sebelum akhirnya sampai di Plengkung (Pancur-Plengkung) setelah 9 KM lainnya.

Yang kedua adalah melalui jalur darat. Dari Banyuwangi Anda bisa menuju ke darat sampai Benculuk sekitar 35 KM, dan dilanjutkan dengan rute 18 KM dari Benculuk ke Grajagan. Dari Pantai Grajagan naik speed boat ke Pantai Plengkung sementara yang lain bisa tiba dengan perahu dari Bali.

Share This Artcle :